Not Lagu Hari Merdeka, Lagu Nasional Yang Wajib Dinyanyikan Saat Hari Kemerdekaan

Posted on

Not Lagu Hari Merdeka – Di hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, umumnya rakyat Indonesia mengadakan berbagai kegiatan. Biasanya, orang-orang mengadakan perlombaan disetiap daerah, mulai dari perkotaan, kampung hingga desa. Dimana, rakyat Indonesia memang ingin memerihkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus untuk meningkatkan dan memumpuk rasa nasionalisme.

Selain itu, di hari Kemerdekaan, lagu hari Merdeka juga pasti jadi salah satu lagu yang wajib dinyanyikan. Baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa pasti akan menyanyikan lagu hari Merdeka untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan memiliki syair serta makna yang sangat mendalam, membuat orang yang menyanyikan dan mendengarkan lagu Nasional ini bakal lebih bersemangat.

Lagu hari Merdeka sendiri tentu tidak hanya dinyanyikan kala dihari Kemerdekaan saja. Di hari-hari dan momen-momen tertentu, atau disaat upacara bendera, tak sedikit yang menyanyikan lagu satu ini. Maka tak heran jika banyak masyarakat Indonesia mencari not lagu Hari Merdeka untuk mengiringi lagu tersebut. Sehingga, saat menyanyikan hari Merdeka terdengar lebih syahdu dan bakal membuat lebih bersemangat.

Sekilas Pencipta Lagu Hari Merdeka

Banyak sekali rakyat Indonesia yang hafal dengan lagu Nasional ini, namun tak sedikit dari mereka yang masih belum mengetahui siapa pencipta lagu hari Merdeka. Lalu siapakan pencitanya? Beliau tak lain adalah M. Husein Mutahar yang merupakan seorang komponis musik Indonesia ternama dikala itu.

M. Mutahar sendiri memang spesialis dalam menciptakan lagu Nasoinal. Pasalnya, selain lagu Hari Merdeka, beliau juga telah menciptakan lagu nasional lainnya, seperti hymne Syukur yang juga tak kalah populernya dengan lagu Hari Merdeka. Lagu hymne Syukur untuk pertama kali diperkenalkan pada tahun 1945 silam.

Kembali ke lagu Hari Merdeka, yang unik dari proses terciptanya lagu Hari Merdeka bahwa menurut pengakuan M. Mutahar mendapatkan inspirasi dalam menciptakan lagu Hari Merdeka yakni didalam toilet Hotel Garuda Yogyakarta. Saat itu, beliau satu kamar dengan Hugeng yang akhirnya menjadi Kepala Polri dikala itu, untuk mengawal Presiden Pertama Republik Indonesia, Bung Karno. Bapak Hugeng sendiri sepertinya cukup kuwalahan untuk mencarikan kertas dan pulpen, karena M. Mutahar tergopoh-gopoh yang ingin menuangkan gagasan lagu Hari Merdeka ke atas kertas.

Not Angka Lagu Hari Merdeka

Dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang ingin mempelajari not lagu Hari Merdeka, membuat blog notangkalaguku.com berkeinginan untuk membantu dengan membagikan seputar not angka tersebut.

Baca Juga:
1. Not Lagu Padamu Negeri
2. Not Pianika Tanah Airku

Menyanyikan lagu Hari Merdeka memang bakal terdengar lebih syahdu dan bersemangat, jika diiringi oleh alat musyik. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin mempelajari not angka lagu Hari Merdeka, silahkan anda simak baik-baik not angka dibawah ini.

Not Lagu Hari Merdeka

Jika kita dapat menghayati syair pada not lagu Hari Merdeka diatas, maka kita bisa mengambil banyak sekali pelajaran. Diantaranya adalah kita harus selalu mengenang jasa pahlawan dalam merebut Kemerdekaan Indonesia. Karena tanpa jasa besar para Pahlawan, Kemerdekaan yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus tidak akan bisa kita rasakan dan nikmati. Selain itu, dengan adanya lagu Hari Merdeka diharapkan dapat memupuk rasa nasionalisme rakyat Indonesia.

Incoming search terms:

  • not angka lagu hari merdeka
  • yhsm-Opera_14mobile
  • not lagu hari kemerdekaan 17 agustus
  • not angka hari merdeka
  • pencipta lagu hari merdeka
  • siapa yang menciptakan lagu himne kemerdekaan